Selasa, 30 Agustus 2016

CARA MENGINSTAL WINDOWS 10 DENGAN MUDAH DAN LENGKAP

instal windows dengan mudah dan cepat

halo sobat, kembali lagi bersama saya di yapy 13.

pada kesempatan yang sangat indah ini saya mau membagikan sebuah tips dan trik yang sangat berguna untuk sobat sekalian yang masih bingung dalam menginstal windows 10, sebenarnya cara ini dapat di terapkan pula dalam penginstalan windows versi lainya.

karena secara garis besar cara ini dapat di terapkan dalam semua versi windows.

mungkin disini ada beberapa dari sobat sekalian  yang sudah tau akan hal ini, tapi berhubung masih banyak orang yang belum mengerti, maka saya akan memberikan panduan ini secara lengkap dan setedail mungkin.

kita akan membagi tahap penginstalan ini menjadi 3 bagian, yaitu tahap persiapan, tahap penginstalan, dan yang terakhir yaitu tahap penyelasian, sederhananya tahap mengoptimalkan kinerja dari windows itu sendiri atau bahasa kerennya finishing touch (maaf kalau bahasa inggrisnya salah, hehehe)

okey, dan daripada kita membuang banyak waktu, mari kita bahas satu persatu.

TAHAP PERSIAPAN


pada tahap ini sobat sekalian persiapkan dulu bahan bahan untuk menginstal windows 10. apa bahan bahannya?

1. file iso windows 10

   sobat bisa download di situs resmi microsoft

2. flashdisk atau CD untuk pembuatan file bootable.

    nah setelah semua bahanya sudah di siapkan, proses selanjutnya adalah membuat file bootable    dalam flashdisk atau cd.

tujuan dari kita membuat file bootable ini adalah untuk memindahkaan isi dari file iso tersebut kedalam flashdisk atau cd serta menyusunya dengan urutan yang benar.

 jadi kalau kita salah dalam membuat file bootable, maka penginstalan windowsnya akan error karena urutan file yang kita pindahkan dari iso ke media bootable (flashdisk dan cd) tidak di lakukan dengan benar.

sampai disni pasti ada sobat yang bertanya, "kok cara pembuatan file bootable tidak di bahas"? tenang sobat, baca artikel berikut untuk mendapatkan jawabanya :

itu dia sobat penjelasan untuk tahap pertama ini.

"Nb; jika ada sobat yang sudah punya cd atau flashdisk bootable windows, maka lewati saja tahap pertama ini."

jadi tahap pertama sudah clear ya sobat.

TAHAP PENGINSTALAN


setelah melewati tahap pertama dengan mulus, kini saatnya kita masuk pada inti dari postingan ini, yaitu penginstalan windows 10.

PERHATIKAN BAIK BAIK, AGAR TIDAK TERJADI KESALAHAN KETIKA PROSES INSTALASI BERLAGSUNG.

langsung saja ya kita mulai proses penginstalanya

1. colokan flashdisk ke port usb laptop/komputer milik sobat.

     yang menggunakan cd, masukan saja ke dalam CDROOM

2. restart laptop / komputer sobat sekalian,

3. setelah restart maka pada saat booting, tekan tombol untuk masuk ke setingan bios, biasanya F2, F7, dan F10 ( setiap laptop atau komputer memiliki tombol bios yang berbeda beda), untuk mengetahui tombol bios laptop milik sobat, silahkan cari saja di google atau lihat di bagian bawah monitor ketika booting


cara memilih menu booting
setingan bios laptop acer

4. jika berhasil masuk ke menu bios, maka tampilanya akan seperti ini 


5. selanjutnya arahkan ke menu boot menggunakan anak panah yang ada di keyboard (tidak bisa menggunakan mouse atau touchpad).


6. pada menu boot, pindahkan flashdisk yang berisi file bootable windowsnya ke yang paling pertama. 


caranya gunakan anak panah bawah pada keyboard dan arahkan ke flashdisk/cd yang sobat sekalian gunakan untuk menginstal windows 10, selanjutnya pindahkan Flashdiks/cd ke yang paling pertama menggunakan f5 ke atas dan f6 ke bawah (laptop acer), tombol untuk memindahkannya juga berbeda beda ya sobat, tergantung laptop atau komputernya, lihat di keterangan gambar.

7. setelah itu arahkan ke menu exit menggunakan anak panah kanan, lalu klik enter dan pilih yes, atau cara gampangnya tekan f10

maka proses booting pun akan di mulai dari flashdisk/cd yang berisi file window 10.

8. tunggu beberapa saat sampai muncul menu penginstalan windows 10, langsung klik next.


 PENJELASAN GAMBAR :

- Language to instal : yaitu bahasa yang ingin kita gunakan ketika proses penginstalan berlangsung, gunakan bahasa inggris ya sobat, jangan gunakan bahasa bahasa alien ( hehe)

- time and curentli format : yaitu format waktu berdasarkan negara. disini juga kita gunakan u.s (amerika)

- keyboard or input metod : yaitu setingan keyboard, disini juga menggunakan u.s sebagai defauldnya

sampai tahap ini kita masih bisa kok membatalkan penginstalanya jika kita masih ragu menggunkan windows 10

9. selanjutnya klik di instal now


10. setelah mengklik instal now maka akan muncul tulisan setup is starting seperti gambar di bawah, artinya proses penginstalan telah di mulai.


kita telah masuk ke tahap yang serius nih sobat, tapi jangan ragu karena tutorial ini di buat sangat detail sehingga sangat mudah di praktekan.

11. lalu akan muncul sebuah notifikasi yang isinya adalah sebuah perjanjian antara sobat yang menginstal windows 10 dengan pihak microsoft, centang di bagian i accept the licence terms lalu klik next lagi.


Penting : Setelah klik dan muncul sebuah perintah kepada sobat sekalian untuk mengisi serial number maka klik next saja atau sobat sekalian bisa mengisinya jika sudah punya serial number.

12. selanjutnya kita akan di berikan dua pilihan, yaitu upgrade atau hanya instal (clean instal)


maksudnya adalah jika kita memilih upgrade maka semua setingan, aplikasi dan dokomen yang ada di partisi sistem (drive c) tidak akan hilang, dan opsi upgrade ini akan bisa berjalan jika komputer milik sobat  suport dengan opsi ini

dan yang kedua adalah custom, yaitu kita menginstal  windows yang baru dan semua setingan serta file-file yang ada di partisi c akan terhapus. jadi pindahkan dulu semua file yang dirasa penting ya sobat dari partisi c.

jadi terserah sobat mau pilih yang mana, disini saya memilih custom, alasananya agar nanti partisi atau tempat penginstakan windowsnya lebih fresh, dan sebelumnya data yang saya anggap penting telah di backup terlebih dahulu

13. nah setelah itu akan muncul sebuah tab baru yang dimana menyuruh kita untuk memilih tempat penginstalan windowsnya.

tahap ini adalah tahap yang sangat penting sobat, karena berkaitan langsung dengan tempat penyimpanan sobat sekalian. jadi jika kita salah memformat atau salah memilih partisi, maka secara otomatis data data sobat sekalian akan hilang.

sebelum kita memilih tempat atau partisi untuk menginstal windows, terlebih dahulu kita format agar partisinya kosong dan menjadi lebih ringan.

nah yang harus di format adalah partision 1 dan partision 2, lihat gambar di bawah.


lihat gambar di atas, partision 1 itulah adalah partision system, yang mana partisi ini juga akan membantu kinerja ram.

dan yang partision 2 adalah tempat kita mengisntal windows 10 yang nantinya akan menjadi drive c.

penting : yang di format adalah partision 1 dan 2, yang lain jangan di otak atik jika tidak ingin data sobat hilang atau terhapus

CARA FORMAT PARTISION 1 DAN 2:



arahkan kursor ke partision 1

setelah di arahkan, selanjutnya klik format.

lakukan hal yang sama pada partision 2.

itu dia sobat cara memformat partisinya

sebenarnya tidak di format juga tidak masalah kok, nanti windows yang lama akan tersimpan di sebuah folder dalam partisi c menjadi windows old, tapi tentunya hal ini akan semakin memberatkan windows yang baru jika harddisk kita ukuranya kecil, jadi lebih baik kita format saja ya sobat partisi 1 dan 2.

14. setelah memformat partision 1 dan 2, selanjutnya yaitu memilih tempat penginstalan. seperti penjelasan poin ke 13, dalam menginstal windows, tempat atau partisi yang kita pilih adalah PARTISION 2. partision 2 disini artinya adalah drive c.


agar sobat tidak bingung dalam memilih partisi atau tempat penginstalan, simak baik baik penjelasan di bawah ini.

partision 0    =  partisi system.

partsision 2  =  drive C

Partinision 3 =  Drive D

partisinon 4  =  Drive E

jadi tempat pengintalan windowsnya yaitu partision 2 (DRIVE C).

15. lihat gambar di bawah ini, klik pada partision 2 lalu klik next



16. ini adalah proses penginstalan windows 10. tampilanya seperti gambar ini, dan akan restart secara otomatis ketika proses intal selesai


17. penting, bagi sobat yang menggunakan flashdisk jika sudah muncul tab restart seperti ini, maka segeralah mencabut flashdik dari port usb


 dan untuk sobat sekalian yang menggunakan CD, Keluarkaan  cd dari laptop/komputer milik sobat.

jika  tidak maka proses penginstalan akan di mulai ulang dari awal

18. setelah itu tunggu saja sampai muncul tulisan geting start is ready, jika tulisan ini sudah muncul artinya windows yang baru di instal telah berhasil dan sedang di persiapkan.

PENTING : jika muncul notifikasi seperti ini, pilih "do this latter" jika sobat belum punya serial number.

19. tunggu sampai muncul seperti gambar di bawah ini, jika sudah muncul maka kita di hadapkan pada dua pilihan antara lain

- costumize : yaitu kita mengatur format tanggal, waktu, format tanggal, sona waktu, username, pasword serta bahasa dalam windows secara manual

- use expres seting : artinya semua setingan seperti yang telah dijelakan akan di seting secara default, kecuali username dan pasword

"disini saya menggunakan use express seting agar mempercepat proses penginstalan, nanti baru di seting ulang semuanya setelah proses instalasi seleasi"

20. setelah kita memilih salah satu pilihan diatas, disini saya memilih use experss seting maka windows yang baru kita instal akan mecari jaringan internet secara otomatis jika terdapat sambungan jaringan.

21. nah selanjutnya akan muncul seperti ini, 


22. setelah itu isi username dan password sesuai keinginan sobat sekalian. yang wajib di isi adalah nama, yang lainya bersifat opsional. jika sudah klik finish dan akan muncul tulisan finalising your seting
23. tunggu sampai prosesnya selesai, jangan tekan apapun.

24. dan windows 10 telah berhasil di instal dan belum siap di gunakan.....!!!


tunggu dulu sobat, windowsnya belum di optimalkan...

windows yang tadi kita instal belum dapat di gunakan secara optimal, karena belum di dukung dengan software-software yang membantu  kegiataan kita dalam menggukana komputer, belum juga di instal drivernya sehingga sobat mendapati tulisan dan icon di laptopnya besar besar dan juga pecah.

bahkan windows 10 yang barusan kita instal juga belum di aktifasi.

nah untuk itulah kita masih punya satu tahap lagi yaitu :

TAHAP AKHIR (FINISHING TOUCH)


dalam tahap ini kita akan mengoptimalkan windows 10 yang telah kita instal, untuk mengoptimalkannya kita harus melakukan beberapa hal berikut ini

1. menginstal aplikasi faforit, contohnya

- aplikasi multimedia

- aplikasi utilitas (office, antivirus, cleaner, dan lain sebaginya)

sobat bisa cari beberapa aplikasi tersebut di blog ini

2. seting tanggal dan waktu

3. instal driver

4. dan yang terakhir yaitu aktifasi windows

tanpa melakukan ke empat hal di atas, percayalah, windows yang sobat instal tidak akan optimal.

untuk lebih jelasnya baca artikel berikut ini


Bagaimana, mudah  kan?

setelah melakukan tahap akhir, jangan lupa ya merawat windows 10 yang baru di instal agar tidak mudah mengalami crash atau kerusakan.

nah untuk merawat windows yang baru diinstal itu sangat mudah sekali, yang penting selalu scan virus secara rutin (rajin update juga antivirusnya), rajin-rajinlah update windows, dan selalu membersihkan file file sampahnya agar tidak membuat windows 10 menjadi berat.

RANGKUMAN

ringkasan dari postingan ini
rangkuman

VIDEO

okey ya sobat, instal windows itu tidak sesulit yang sobat bayangkan selama ini, yang penting dilakukan secara baik dan benar seperti yang telah di jelaskan dalam artikel ini.

dan yang paling terakhir,

jika sobat merasa bahwa postingan ini sangat bermanfaat, jangan lupa di bagikan ya kepada teman teman yang lain agar mereka juga tau. dan jika ada masukan dan tambahan atau bahkan jika sobat sekalian kurang paham, bisa meninggalkan pesan lewat komentar/menghubungi admin melalui email dengan cara klik di menu contac

TERIMAKASIH

32 komentar :

  1. Mantap gan tutorialnya bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ya bro rizal

      jangan bosan untuk mampir kemari

      Hapus
  2. Mantap gan tutorialnya bermanfaat

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. silahkan gan...

      terimakasih sudah berkunjung, jangan pernah bosan untuk kembali

      Hapus
  4. Oww taunya hampir sama yah proses install ny kaya windows 7 ato windows 8, soalnya dlu update dari windows 7 sih bukan fresh install, thnks tutor nya om (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara garis besar sama saja bro dodi,
      kalo update juga bagus, karena kita dapat windows yang original dari microsoft secara cuma cuma alias gratis.

      makasih ya sudah berkunjung, jangan pernah bosan untuk kembali

      Hapus
  5. Tutorialnya sangat lengkap gan dan sangat membantu sekali buat saya yang masi gaptek instalasi os.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ya bro rizal sudah berkunjung
      jangan pernah bosan untuk kembali

      Hapus
  6. Tutorialnya sangat lengkap gan dan sangat membantu sekali buat saya yang masi gaptek instalasi os.

    BalasHapus
  7. Tutorialnya sangat lengkap gan dan sangat membantu sekali buat saya yang masi gaptek instalasi os.

    BalasHapus
  8. tutorialnya mantep gan, lumayan bisa ngirit dari pada ke tukang service :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ya bro dealova sudah berkunjung

      iya bro lebih baik di intal sendiri, dan juga bisa nambah ilmu

      Hapus
  9. Balasan
    1. Mantap bro undi gunawan..
      Di rawat windowsnya agar tidak crash,

      Makasih sudah berkunjung

      Hapus
  10. walaupun sudah di update lagi ada windows 10, tetep aja ane masih nyaman make windows 7 gan, tapi makasih juga tutorial installnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke gan. Gpp, itu kembali ke kita lagi mau pake yg mana. Yg penting kita merasa nyaman aja pake yg mna...

      Hapus
  11. Mantaps, sangat berguna bro... jangan lupa kunjungan balik nya ke www.teknik-komputer.com

    BalasHapus
  12. terima kasih gan buat tutorial nya berguna banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama

      jangan pernah bosan untuk kembali ya bro

      Hapus
  13. Balasan
    1. makasih ya bro egi
      jangan pernah bosan untuk mampir di blog ini

      Hapus
  14. Sangat bermanfaat ni bagi ane yg baru menggunakan windows

    BalasHapus
  15. Sangat berguna ini gan kebetulan ane pnya kaseetnya , hehe kapan2 ane praktekin

    BalasHapus
  16. panjang ya caranya ? mnurut gue rumit banget ... kalo gue masih pake win8

    Cc : Arjuna Rafi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga panjang sih sebenarnya, ya cuma karena di tutorial ini penjelasanya sedetail mungkin jadi kelihatanya panjang.

      tpi pas di paktekin kamu bakalan ngerasa cepat kok.

      Hapus
  17. Ini yang ane cari-cari, thanks gan :D

    BalasHapus
  18. terima kasih atas informasinya
    jangan lupa kunjungi website saya https://ppns.ac.id/

    BalasHapus
  19. makasih infonya
    jangan lupa kunjungi laman https://ppns.ac.id/# dan https://blog.ppns.ac.id/tl/anantarizki/ makasih

    BalasHapus