Kamis, 29 September 2016

CARA KONVERSI BILANGAN (BINER, DESIMAL, OCTAL)

biner octal decimal, hexadecimal.

okey sobat sekalian, kembali lagi dengan saya di blog ini...
bagaimana kabarnya? semoga bai baik saja, Amin.

sesuai dengan judul di atas, kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial/ilmu mengenai cara konversi bilangan, yaitu bilangan biner, desimal, dan octal, tenang sobat tutorialnya saya buat sedetail dan semudah mungkin untuk di pahami oleh sobat sekalian sehingga saya yakin soat disini akan dengan mudah memahaminya.

karena ketika kebanyakan dari kita mendengar yang namanya matematika (hitungan) pasti akan berpikiran kalau hituungan itu akan membuat otak kita menjadi sakit, hehehe.

memang sih hitungan itu agak sedikit sulit jika kita tidak memahaminya dengan benar, tapi seiring dengan kemajuan teknlogi, kita sangat terbantu dalam hal hitung menghitung dan tidak ada salahnya kita memanfaatkan hal tersebut.

sama halnya dengan mengkonversi bilangan, dengan memanfaatkan teknologi yang sudah ada, kita dengan sangat mudah membuatnya, bahkan dengan beberapa kali klik saja.

dan hal itupun yang akan saya bagikan dalam tutorial ini.

Bagaimana, masih mau lanjut? saya yakin sobat sekalian mau. 

okey ya sobat langsung kita mulai saja belajarnya.

BINER

kita mulai dari bilangan biner, bilangan biner adalah bilangan yang hanya terdiri dari dua (2) angka, yaitu 0 dan 1.

contoh bilangan biner : 0100101

KONVERSI BINER PECAHAN KE DESIMAL

Misalkan saya punya angka biner pecahan, 
110.111
1.001
1111.111

saya punya 3 jenis biner pacahana di atas, mari kita konversi angka angka tersebut ke bilangan desimal.
kita mulai dari yang pertama yaitu 110,111
yang pertama kita pisahkan dulu menjadi dua bagian, yaitu angka sebelum tanda koma (sebelah kiri) dan angka sesudah koma (kanan).

maka kita akan mendapatkan 110 dan 111.

setelah itu angka yang pertama kita kalikan dengan  2 di pangkatkan mulai dari 0, 1, 2, 3 ... dst
dan angka setelah koma di kalikan dengan 1/2 di pangkatkan mulai dari 1, 2, 3, dst.

untuk lebih jelasnya perhatikan di bawah ini.


selanjutnya hasil dari angka bagian kiri dan kanan di jumlahkan ( 6 + 0.827)
maka di dapatkan hasil 


okey, gimna sobat? udah mulai pusing atau masih sehat? hehehe mudah kok sobat.
silahkan sobat hitung sendiri soal nomor 2 dan 3 di bawah ini


cara menghitungnya sama persis seperti yang telah saya jelaskan ya sobat.

Sekarang kita akan mengkonversikan sebuah karakter huruf (ASCII) ke dalam angka biner
misalkan saya mempunyai Sebuah kalimat RIAN VS SARI, maka untuk mengkonversikanya kita membutuhkan sebuah tabel ASCII seperti pada gambar di bawah ini:
dari tabel di atas terlihat bahwa Huruf kapital mempunyai angka biner yang berbeda dengan hurruf kecil, dan juga jika kita menggunakan spasi dalam sebuah kalimat yang ingin di konversikan, maka spasi tersebut juga memilikii angka biner sendiri.

KONVERSI
iniliah hasilnya jika kita sudah mengkonversi menjadi biner. hasil di bawah tidak menggunakan spasi, jika di tambah spasi maka hasilnya akan lain lagi ya sobat.


Jika menggunakan spasi maka tinggal tambahkan saja angka biner 001000000 di antara setiap kata yang ingin kita pisahkan dengan spasi.

UNTUK CARA PALING MUDAH DALAM MENGKONVERSI NAMA MENJADI BINER, SOBAT BISA BUKA SITUS INI 

Penjumlahan dan pengurangan biner

Untuk penjumlahan biner dan konversi bilangan lainya, akan saya posting pada artikel selanjutnya.

Terimakasih.




2 komentar :

  1. wah keren nih, kebetulan masih mentok belajar yang beginian hehehe

    BalasHapus
  2. Saya dari dulu belajar ginian gak bisa2 :v

    BalasHapus